Chelsea dulunya tim underdog

13-sejarah-chelsea

Chelsea FC merupakan sebuah klub sepak bola liga Inggris yang berbasis di London Barat. Klub ini didirikan tahun 1905 dan sudah bermain di Liga Primer sejak saat itu. Chelsea mencatatkan rekor fantastis dalam jumlah kemenangan ketika mereka meraih mahkota juara Liga Inggris sebanyak lima kali sementara mereka juga sudah memenangkan FA Cup sebanyak lima kali. Selain itu, Chelsea juga memenangkan UEFA Cup sebanyak dua kali dan Piala Liga sebanyak empat kali.

Chelsea FC juga terkenal dengan istilah “The Pensioners” atau “The Blues” julukan yang didapatkannya setelah meraih gelar pertama mereka di tahun 1955 ketika memenangkan kejuaraan liga. Selama periode 1960-1970’an, Cheslea berhasil memenangkan sejumlah kompetisi klub tetapi setelah itu mereka puasa hingga 2 dekade. Mereka memenangkan gelar utama berikutnya di tahun 1997. Periode dari 2000-2010 dianggap sebagai tahun paing berhasil dalam sejarah klub ketika mereka berhasil memenangkan gelar liga primer dua kali secara beruntun di tahun 2005 dan 2006. Chelsea juga berhasil mencapai final Liga Champions pertama mereka di tahun 2008 yang dipimpin oleh Avram Grant. Agen Judi Makelarbola

Dibentuk tanggal 14 Maret 1905 di Rising Sun pub, Chelsea langsung beroperasi sejak saat itu. awal tahunnya sedikit sekali cerita sukses Chelsea. Masa terdekat di mana klub nyaris memenangkan turnamen besar adalah final FA Cup di tahun 1915. Mereka kalalh dari Sheffield United. Sejak awal sekali, Chelsea punya reputasi membeli pemain besar meski mereka tidak membantu klub memenangkan banyak turnamen. Di tahun 1960’anlah para pemain muda berbakat di bawah mantan manajer Tommy Docherty membantu klub mencapai beberapa prestasi. Selama tahun 60-70, mereka nyaris memenangkan beberapa pertandingan. Sampai mereka mencapai satu titik di mana mereka melakukan renovasi ambisius dari Stamford Bridge hingga mengancam kestabilan keuangan klub. Akibatnya, beberapa pemain papan atas dijual dan tim ini didegradasi.

Setelah Chelsea dijual kepada jutawan Russia Roman Abramovic di tahun 2003 dengan jumlah 150 juta euro, pelatih Portugal Jose Mourinho dibawa masuk. Dari titik itulah Chelsea mulai berubah menjadi tim yang sangat ditakuti lawan, meski dalam kurun waktu tersebut juga sempat terjadi beberapa kali pergantian manajemen.