Inggris dan Perancis hormati korban Paris di Wembley

4-inggris-perancis-wembley

Para pendukung Inggris dan Perancis berkumpul bersama di Wembley dalam penghormatan kepada mereka yang tewas dalam serangan teroris hari Jumat lalu di Paris.

Kedua tim dipimpin masuk lapangan dengan sebuah bendera Perancis, lengkap dengan moto dari bangsa Perancis ‘liberte, egalite, fraternite,’ yang juga dipasangkan di seluruh sisi stadion Wembley.

Kedua fans dari masing-masing negara menyanyikan La Marseillaise – lagu kebangsaan Perancis – setelah kedua tim diarahkan ke lapangan, dan disatukan oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron, Pangeran William, Duke of Cambridge, dan manajer Arsenal Arsene Wenger.

Kedua skuad kemudian berdiri merangkul masing-masing bahu pemain ketika pendukung memberikan penghormatan kepada 129 orang yang tewas di ibu kota Perancis.

Kesebelas pemain utama Perancis kemudian berpose untuk foto sebelum pertandingan di hadapan 71,223 pendukung sebelum seisi stadion mengheningkan cipta.

Jelang kick-off, susunan bunga sengaja disimpan di tengah lapangan oleh manajer Roy Hodgson dan Didier Deschamps, juga pejabat lainnya.

Kepala FA Greg Dyke memberikan pidato singkat kepada tamu kehormatan sekaligus seisi Wembley, yang terdiri dari Cameron, pemimpin buruh Jeremy Corbyn dan presiden Federasi Sepak Bola Perancis Noel La Graet.

Dyke menutup pidatonya dengan mengatakan: “Biasanya di fase ini saya mengatakan ‘selamat menikmati pertandingan’ tetapi itu tentu akan jadi pesan yang salah yang akan anda bawa mala mini. Jadi justru saya akan mengakhiri pidato ini dengan kalimat Nelson Mandela, yang berbunyi:

“Olah raga punya kekuatan untuk mengubah dunia. Olah raga punya kekuatan untuk menginspirasi. Punya kekuatan untuk mempersatukan orang dengan cara yang tidak bisa dilakukan banyak orang. Olah raga bisa membangkitkan harapan di mana sebelumnya hanya ada putus asa.

“Kata-kata tersebut sangat tepat untuk mala mini.”

Sejumlah pembain sepak bola dan publik figur juga terkesan dengan solidaritas yang diperlihatkan di stadion nasional Inggris tersebut.

Bintang Perancis dan Manchester City Samir Nasri mengirimkan tweet “Saya mencintai Inggris,” sementara gelandang Real Madrid dan Wales Gareth Bale mengatakan: “Hormat bagi semua orang di @wembleystadium!! #OneAnthem #BiggerThanFootball.”